Tradisi Unik dan Menarik Ala Jepang

Apa yang teringat oleh Anda saat mendengar kata Jepang? Banyak orang yang ingat pada animenya. Jepang tidak melulu soal anime, Anda perlu mengetahui hal-hal lain yang khas dari jepang, salah satunya adalah budaya dan tradisinya yang unik dan menarik. Jepang dikenal dengan pelestarian budayanya yang sangat kental dan hingga kini masih  terus dilakukan. Indonesia sebetulnya harus mencontoh pelestarian kebudayaan lokal seperti yang masyarakat Jepang lakukan. Nah, berikut ini ada beberapa kebudayaan khas Jepang yang sangat menarik untuk dibahas, mari kita lihat.

Matsuri

Sebuah festival budaya Jepang yang diselenggarakan saat musim panas yakni Matsuri. Matsuri berkaitan dengan festival yang berasal dari kuil, yaitu kuil Shinto dan Buddha. Sebenarnya acara ini dilakukan dengan bersembahyang dan berdoa. Namun, hal ini tidak terlalu diwajibkan pada para pengunjung sbobet88 yang datang, karena banyak pengunjung yang datang untuk sekadar melihat festival budaya Jepang ini.

Sumo

Banyak orang dari berbagai belahan dunia yang tertarik dengan pertunjukan budaya Jepang yang satu ini. Sumo sebenarnya adalah gulat khas Jepang, biasanya para pegulat Sumo akan saling mendorong agar lawannya keluar dari batas arena yang yang sudah ditetapkan. Biasanya pertandingan Sumo hanya berlangsung beberapa detik saja, namun ada juga yang hingga beberapa menit.

Upacara Minum Teh

Budaya Jepang ini bisa dikatakan unik karena banyak turis yang tertarik untuk mengikuti upacara minum teh. Upacara ini dilakukan sebagai cara masyarakat Jepang menjamu para tamunya. Biasanya upacara minum teh juga bisa mencerminkan kepribadian dari penyaji tehnya sendiri. Jadi kita bisa melihat cara berpikirnya dan tujuan hidup dari sang penyaji. Selain itu kita juga dapat melihat seberapa kuat budaya yang ia pegang.

Menyeruput Makanan Berkuah

Jika di Indonesia biasanya menyeruput makanan berkuah sampai berbunyi ‘slurp’ itu adalah hal yang aneh dan akan mengganggu orang di sekitar kita. Lain hal dengan Jepang, di sana menyeruput makanan berkuah adalah budaya yang unik. Saat Anda menyeruput makanan berkuah sampai berbunyi, itu menandakan bahwa makanan yang sedang kamu santap itu sangat enak. Maka, menyeruput makanan berkuah adalah hal yang biasa di negara Jepang dan menjadi ciri khas yang unik di sana.

Memberi Bahu Kepada Orang Lain Saat Tertidur

Umumnya orang akan risih jika tiba-tiba ada orang yang bersandar di bahunya. Namun di Jepang, memberi bahu kepada penumpang transportasi umum di sebelah Anda yang sedang  tertidur adalah suatu kewajiban, hal ini termasuk budaya yang menarik di Jepang. Mereka berbaik hati untuk memberi bahu kepada penumpang yang tertidur. Maka di saat Anda berkunjung ke Jepang, jangan heran jika ada orang yang memberi bahu kepada penumpang lain saat tertidur.

Festival Nagoya

Festival ini diadakan pada pertengahan Oktober dan digelar selama dua hari. Festival Nagoya berisi arakan dengan pakaian zaman dahulu atau tradisional Jepang. Mereka akan berdandan seperti pejuang perang saat itu. Festival ini dilakukan untuk menghormati ieyasu, toyotomi hideyoshi, oda nobugana dan tokugawa yang hidup di abad pertengahan. Bagi Anda yang sedang berkunjung ke Jepang pada bulan Oktober, jangan lewatkan Festival Nagoya.

Nah, itulah beberapa budaya unik dan juga menarik yang dimiliki oleh negara matahari terbit, Jepang. Negara ini kaya akan budaya yang kental, tidak hanya animenya saja yang terkenal, namun budaya asli Jepang juga selalu menarik bagi para pengunjung negeri Sakura tersebut. Budaya Jepang memang memiliki makna dan nilai seni tersendiri yang membuat orang selalu sumringah melihatnya.