Inilah Tradisi Yang Dilakukan Ketika Thanksgiving

Meskipun Thanksgiving memiliki akar sejarah pada tradisi keagamaan dan tradisi kebudayaan, akan tetapi sekarang perayaan tersebut dirayakan sebagai hari libur nasional.
(Source: www.pexels.com)

Setiap tahun, para masyarakat Amerika tidak pernah luput dari merayakan perayaan Thanksgiving setiap hari Kamis keempat di bulan November. Thanksgiving merupakan sebuah hari libur nasional yang tidak hanya dirayakan di Amerika Serikat, tetapi juga di Kanada, Liberia, dan beberapa wilayah di pulau Karibia. Perayaan ini sebenarnya juga terjadi di Jerman dan Jepang, akan tetapi perayaan memiliki nama sendiri dan bukan bernama Thanksgiving. Meski begitu, perayaan di berbagai wilayah tersebut dilakukan di tanggal yang berbeda. Di Kanada sendiri, mereka merayakan Thanksgiving setiap hari Senin kedua di bulan Oktober.

Perayaan hari Thanksgiving awalnya bermula sebagai hari untuk memberi rasa terima kasih dan juga pengorbanan terhadap karunia yang diberikan terhadap kesuburan panen, seluruh makanan yang dapat dimakan di atas meja, seluruh hadiah yang diberikan kepada orang lain, dan juga terhadap tahun-tahun sebelumnya. Meskipun Thanksgiving memiliki akar sejarah pada tradisi keagamaan dan tradisi kebudayaan, akan tetapi sekarang perayaan tersebut dirayakan sebagai hari libur nasional. Pada zaman dahulu, Thanksgiving biasanya dirayakan dengan tradisi paling klasik seperti memakan daging kalkun yang dibagi bersama dengan tidak hanya keluarga, tetapi juga teman dan tetangga. Bahkan, Thanksgiving juga sering disebut sebagai “Hari Kalkun” karena tradisi tersebut.

Thanksgiving Adalah Sebuah Tradisi

Thanksgiving pertama di Amerika Serikat adalah jamuan yang dirayakan oleh para peziarah dan para orang asli Amerika, atau yang lebih dikenal sebagai orang Indian, setelah panen pertama mereka di dunia baru pada bulan Oktober 1621. Jamuan pertama Thanksgiving tersebut dikatakan dirayakan sepanjang tiga hari dan dilakukan di perkebunan Plymouth, Massachusets.

Ketika mereka sampai di dunia baru, para peziarah memiliki kesulitan dalam mencoba untuk menumbuhkan makanan mereka sendiri. Maka dari itu, mereka mengalami kelaparan yang buruk dan juga diserang banyak penyakit. Bahkan, banyak sekali penduduk Amerika pertama meninggal karena hal tersebut. Terima kasih kepada orang Indian, mereka menunjukkan dan mengajarkan cara yang benar dalam bercocok tanam kepada para penduduk Amerika. Salah satunya adalah cara menumbuhkan jagung. Setelah itu, penduduk Amerika tersebut dapat menumbuhkan makanan mereka sendiri. Ketika mereka berhasil dalam panen pertama, mereka membuat makanan Thanksgiving yang sangat banyak sekali dan berterima kasih kepada Tuhan karena telah diberikan karunia terhadap hasil panen tersebut.

Apa Saja Tradisi Thanksgiving?

Tradisi yang dilakukan dalam merayakan Thanksgiving biasanya dengan membuat makanan dalam jumlah banyak yang nantinya dibagikan kepada keluarga, teman, dan bahkan tetangga. Makanan yang disajikan selama perayaan Thanksgiving antara lain adalah daging kalkun, kentang, saus cranberry, gravy, pie labu, dan juga sayuran seperti jagung atau buncis sebagai makanan pelengkap. Daging kalkun yang disajikan biasanya daging kalkun panggang. Meski begitu, masyarakat Amerika juga sering menambahkan menu makanan lain sebagai menu pelengkap perayaan Thanksgiving.

Selanjutnya, tradisi Thanksgiving biasanya tidak akan lengkap tanpa bepergian untuk liburan. Berbeda dengan jenis bepergian lainnya, bepergian dalam perayaan Thanksgiving biasa dilakukan untuk mengunjungi kerabat dekat yang sudah lama tidak bertemu. Hal tersebut dilakukan agar mereka dapat merayakan Thanksgiving bersama. Namun, tujuan untuk liburan tidak harus selalu ke rumah kerabat. Anda bisa saja pergi dengan mereka ke suatu tempat demi merayakan perayaan tersebut dengan suasana dan lingkungan baru.

Tradisi selanjutnya yang dilakukan selama perayaan Thanksgiving adalah dengan membuat “thankful tree”. Pohon ini tidak harus besar, yang terpenting adalah pohon tersebut didekorasi dengan kartu ucapan berisi hal apa saja yang Anda merasa sangat berterima kasih. Biasanya, pohon ini didirikan pada hari pertama di bulan November. Kemudian, Anda juga dapat mendekorasi rumah dengan menggunakan hiasan musim semi. Biasanya, potongan daun kemarau dapat digabungkan dan dijadikan sebagai karangan bunga berbentuk bulat sebagai hiasan pintu rumah.

Untuk kegiatan sendiri, Anda dan keluarga dapat melakukan berbagai macam aktivitas menyenangkan seperti menonton film yang disukai oleh seluruh keluarga. Dan juga, biasanya beberapa kota mengadakan parade perayaan Thanksgiving. Dalam parade itu, Anda dapat berpartisipasi dengan menggunakan kostum bertema Thanksgiving. Bahkan, apabila ada perlombaan, Anda sekeluarga juga dapat mengikuti lomba tersebut sehingga perayaan Thanksgiving tidak membosankan.